Rabu, 23 Oktober 2013

Eropa 'Rakus' Kuasai Minyak Iran, PBB 'Cuek'

Teheran,POL

DESAKAN kuat mengalir dari Iran untuk PBB terkait penguasaan minyak oleh negara eropa, sampai sekarang belum ada langkah tegas secara reformis dari PBB. Wakil Menteri Luar Negeri Iran, Abbas Araqchi mendesak PBB mengambil langkah reformasi untuk menanggapi meningkatnya peran negara berkembang. 
 
"Untuk meneruskan kehadirannya dalam arena politik dan ekonomi internasional, PBB butuh mengambil reformasi fundamental," ujar Araqchi dikutip Al-Arabiya, Rabu (23/10/2013). 
 
"Reformasi itu merefleksikan perubahan dalam kepemimpinan dunia, khususnya meningkatnya peran negara berkembang,"jelasnya. 
 
Araqchi memimpin negosiasi pekan lalu di Jenewa dengan kekuatan global terkait masalah nuklir Iran. Pemerintah negara barat mencurigai Iran membangun kapasitas militer nuklir. 
 
Klaim itu disanggah Iran yang menurutnya rezim barat hanya menarget pendapatan minyak Iran."Ini ilegal, tidak manusiawi, dan sanki menarget warga Iran," ujarnya. 
 
Ia menegaskan sanksi yang tidak adil terhadap negara berkembang tidak hanya berlawanan dengan piagam PBB tetapi juga mengancam perdamaian dan keamanan dunia.POL

- See more at: http://politik.pelitaonline.com/news/2013/10/23/eropa-rakus-kuasai-minyak-iran-pbb-cuek#.UmfGhXDvirY

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.