Kamis, 24 November 2011

Pembukaan Acara Pelatihan Jurnalis Pemuda


SAMBUTAN KETUA UMUM LAPD (ADAM RUMBARU)
PADA ACARA PEMBUKAAN PELATIHAN JURNALIST PRAKTIS PEMUDA
AULA KEMENTERIAN AGAMA DKI JAKARTA 19-20 NOVEMBER 2011

Assalamualaikum Wr. Wb
Puji syukur kami sampaikan kehadirat  Allah Subuhanallahu Wataalah, atas segala limpahan nikmat dan karunia-Nya, sehingga pada hari ini kita semua  dapat berkumpul untuk melaksanakan kegiatan Pelatihan Jurnalist Pemuda.

Yang terhormat : Bapak Deputi Pemberdayaan Pemuda Kementerian Pemuda dan Olah Raga RI
Yang terhormat Kakanwil Kementerian Agama DKI Jakarta
Yang terhormat Bapak lurah Tanjung Barat
Hadirin serta undangan yang dirahmati Allah SWT.

Kami keluarga besar Lembaga Analisa Pengembangan Demokrasi (LAPD)  mengucapkan ribuan terima kasih kepada Bapak /Ibu di Kementerian Pemuda dan Olah Raga RI yang telah membuka kesempatan kerja sama dengan kami Lembaga Analisa Pengembangan Demokrasi dalam program pelatihan jurnalist. Terimakasi kepada tamu serta undangan yang telah meluangkan waktu untuk hadir di tempat ini. Tak lupa pula terima kasi kami Pengurus LAPD kepada teman-teman panitia yang telah bekerja keras dan ada kekompakannya sehingga dari kebersamaannya itu bisa terlaksa kegiatan pelatihan jurnalist ini.

Bapak/ibu hadirin yang kami hormati
Kegiatan pelatihan jurnalist yang kami laksanakan ini atas dasar kerja sama antara kami Lembaga Analisa Pengembangan Demokrasi dengan Kementerian Negara Pemuda dan Olah Raga Republik Indonesia. Tentunya Kami pemuda merasa bangga dan bahagia bila diperhatihan oleh pemerintah dalam hal ini Kementerian Pemuda dan Olah Raga RI. Karena di kementerian yang satu inilah kami pemuda mengembangkan kreatifitas kami. Dan kebetulan kegiatan yang kami laksanakan ini adalah pelatihan jurnalis maka kami melibatkan satu instansi pemerintah terkait dengan kegiatan ini yaitu Kementerian Komunikasi dan Informasi bidang kemitraan, dan beberapa media besar yakni TVRI, Antara, Metrotv, Republika, dan beberapa wartawan senior sebagai narasumber untuk mentranformasikan ilmu pengetahuan kepada peserta pemula yang notabene berasal dari kampus dan SMU se- DKI Jakarta sebanyak 100 orang peserta.

Bapak/Ibu Saudara/I yang kami hormati
Perkenangkanlah kami LAPD melaksanakan kegiatan ini sebagai upaya mencerdaskan kehidupan bangsa sebagaimana termaktub dalam pembukaan Undang-undang Dasar 1945 alenia ke empat. Karena dengan pelatihan jurnalist ini tentu kita semua menaruh harapan untuk melahirkan generasi muda khususnya yang bergerak di bidang jurnalis atau pers menjadi terampil dan kemudian mengembangkan dirinya di berbagai media sebagai pekerja wartawan profesional. Ada sebuah istilah yang kami dapatkan bahwa ilmu pengetahuan pada diri manusia berfungsi untuk menyelesaikan permasalahannya dan kemudian akhlak atau moral yang baik pada diri manusia itu berfungsi untuk memperindahkan hubungan manusia dalam kehidupan sehari-hari.

Bapak/ ibu hadirin yang berbahagia
Dalam sebuah demokrasi, jurnalis atau pers adalah merupakan pilar penting demokrasi, dia menduduki urutan ke empat setelah yudikatif, eksekutif dan legislative, maka pantas saja bahwa peran aktif media massa turut mewarnai perjalanan demokrasi di Indonesia. Selain itu media massa juga ikut berperan dalam perkembangan dan atau perubahan pola tingka laku masyarakat. Pekerjaan jurnalis adalah pekerjaan yang sangat mulia karena tidak bedah jauhnya dengan alim ulamah karena sama dalam hal penyiar. Kalau media massa menyiarkan berita dan alim ulama ustad, kiyai atau pendeta menyiarkan pesan-pesan agamanya. Keduanya punya tujuan agar masyarakat mendapatkan informasi yang baru. Tapi yang akurat, tajam dan terpercaya hanyalah melalui media massa. Oleh karena itu saya ingatkan para peserta pelatihan jurnalist ini dapat mengikutinya dengan serius. Karena apalagi narasumbernya yang memiliki kapabilitas yang sudah tidak diragukan lagi.

Sekian dari kami, mohon maaf bila ada kekurangan dan kesalahan dari kami. Akhiruulkalam kami sampaikan Wabillahitaufik Wal Hidayah wassalamualaikum wr.wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.